SOAL-SOAL LATIHAN
1.
|
Dalam menyusun suatu program, langkah
pertama yang harus dilakukan adalah :
a.Membuat program b. Membuat Algoritma
c. Membeli komputer d.
Proses
|
2.
|
Sebuah prosedur langkah demi langkah yang
pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah
disebut :
a.
Proses b. Program
c. Algoritma d. Prosesor
|
3.
|
Pseudocode yang digunakan pada penulisan
algoritma dapat berupa :
a.
Bahasa Inggris
b.
Bahasa Puitis
c.
Bahasa pemrograman
d. Sembarang bahasa asal terstruktur
|
4.
|
Pada saat pembuatan program komputer,
algoritma dibuat :
a. Sebelum pembuatan program
b.
Pada saat program dibuat
c.
Sesudah pembuatan program
d.
Pada saat verifikasi program
|
5.
|
Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah
adalah :
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart –
Program – Eksekusi – Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart –
Program – Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi
– Hasil
d.
Masalah – Model – Algoritma – Program
– Eksekusi– Hasil
|
6.
|
Diketahui bahwa kantong P kosong, kantong
Q berisi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng. Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong
dan dikatakan BUKAN Kantong P yang terbawa, maka jumlah kelereng yang terbawa adalah :
a.10 b. 15
c.10 atau 15 d. 10 dan 15
|
7.
|
Diberikan algoritma : Apabila warna merah
maka jadi hijau. Apabila warna hijau
maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi
input warna adalah hitam,
maka warna jadi :
a.
Merah b. Ungu
c.
Hijau d.
Putih
|
8.
|
Instruksi P=Q akan mengakibatkan nilai P
= nilai Q, dan nilai Q
menjadi :
a.
Menjadi Sembarang Nilai
b. Menjadi hampa
c.
Q tetap
d. Menjadi 0
|
9.
|
Apabila a=5, b = 10, maka jika diberikan
instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan :
a.
a=0 , b=5 b.
a=10, b=5
c.
a=10 , b=0 d. a=10, b=10
|
10.
|
Diberikan algoritma P=10; P=P+5;
Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah:
a. 15 dan 0 b.
0 dan 15
c. 15 dan 15 d.
10 dan 15
|
11.
|
Type data yang hanya mengenal kondisi
True atau False pada Pascal
programming , adalah :
a.
IF b. Bool
c.
Integer d.
Character
|
12.
|
Dalam bahasa Pascal terdapat suatu tipe
data yang nilainya tidak boleh
memiliki nilai desimal, yaitu :
a.
Real b. Bool
c.
Integer d. Character
|
13.
|
Program Pascal dirancang pertama kali
oleh :
a.
Al Khawarizmi b.Blaise
Pascal
c. Prof. Niklaus Wirth d.
Borland
|
14.
|
Fungi standard yang digunakan untuk
mengetahui nilai pendahulu dari
suatu variabel disebut
a.
ORD b.
SUCC
c. PRED d. DIV
|
15.
|
Pada Tipe data Boolean, berlaku
operator-operator :
a.
IF b. AND, OR, NOT
c.
True, False d. CASE
|
16.
|
Simbol flowchart yang digunakan sebagai
awal dan akhir suatu proses adalah….
a. Terminal b.
Preparation
c. Decision d. Input
|
17.
|
Apabila terjadi dua kondisi (benar atau
salah), pada pembuatan flowchart menggunakan
simbol….
a. b.
|
18.
|
Simbol Flowcahart yang digunakan untuk
penghubung dalam satu halaman
yang sama adalah …...
|
19.
|
Urutan instruksi-instruksi atau
langkah-langkah yang menggunakan
bahasa awam disebut :
a. Algoritma b. Flowchart
c.
Pseudocode d. Program
|
20.
|
Simbol Flowchart yang dapat digunakan
untuk mencetak keluaran adalah….
|
21.
|
Struktur pernyataan yang BUKAN berupa
perulangan (looping) adalah :
a.
For …. End b. While Do
c.
Repeat Until d. Case_and(x)
|
22.
|
Suatu proses pengulangan kembali alur
kerja disebut…
a. Branching b.
Looping
c. Rekursif d. Iteratif
|
23.
|
Diberikan penggalan algoritma : while (x>7) do
x=x-1;
write(x)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai
yang ditampilkan
berturut-turut adalah
a.
9, 8, 7 b. 9, 8 c. 9 d. 8, 7
|
24.
|
Diberikan penggalan algoritma : repeat
write
(x) ; x=x-1
until
x<7
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai
yang ditampilkan
berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7 b. 9, 8 c.
9 d. 8, 7
|
25.
|
Diberikan penggalan algoritma : repeat
x=x+1 ; write (x)
until
x<7
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai
yang ditampilkan
berturut-turut adalah
a.
9, 8, 7 b. 9, 8 c. 9 d. 8, 7
|
26.
|
Konsep Menara Hanoi merupakan
salah satu dari contoh proses :
a. Iteratif b. Transitif
c.
Rekursif d.
Branshing
|
27.
|
Suatu Proses yang memanggil dirinya
sendiri , disebut proses :
a.
Iteratif b.
Transitif
c. Rekursif d. Branching
|
28.
|
Rekursif adalah :
a.
Suatu prosedur yang dapat dipanggil
b. Suatu proses yang bisa memanggil
dirinya sendiri
c.
Suatu proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
d.
Suatu prosedur Looping
|
29.
|
Pada Menara Hanoi banyaknya pemindahan
untuk N buah piringan ke
menara tujuannya adalah :
a.
2n +1 b. 2n -1
c.
2n+1 d.
2n-1
|
30.
|
Untuk menyelesaikan masalah menara Hanoi
dengan banyaknya piringan
ialah 6 buah , maka diperlukan pemindahan
sebanyak :
a.
19 kali b. 63 kali
c.
31 kali d.
32 kali
selamat ulang tahun..!!!!
|